ARTIKEL

ARTIKEL KESEHATAN


Apa itu kebas dan kesemutan?

Kebas dan kesemutan pada kaki maupun tangan merupakan suatu gejala yang disebabkan penekanan saraf dalam waktu yang relatif lama sehingga menimbulkan rasa seperti mati rasa, sensasi seperti terbakar, seperti ada yang merayap di kulit dan juga rasa seperti di tusuk-tusuk.

Gejala ini paling sering terjadi pada daerah kaki dan tangan, namun tidak menutup kemungkinan terjadi di daerah lain juga.

Apa Penyebab Kebas dan Kesemutan?

Penyebab Kebas dan Kesemutan terutama di kaki dan tangana karena tubuh memiliki jaringan saraf kompleks yang berjalan dari ujung jari menuju otak dan sebaliknya. Bila terjadi kerusakan, penekanan, atau infeksi pada saraf yang menuju kaki ataupun tangan, dapat menyebabkan kaki atau tangan kebas dan kesemutan.

Apakah Sering Merasakan Kebas dan Kesemutan Berbahaya?

Kebas dan Kesemutan dikatakan normal jika berangsur-angsur hilang begitu posisi tubuh diubah. Akan tetapi pada kasus-kasus lainnya, kesemutan dapat disebabkan oleh kerusakan saraf atau penyakit tertentu pada sistem saraf. Oleh karena itu anda patut untuk selalu waspada akan gejala tersebut jika terjadi secara terus menerus.

Penyebab Secara Umum Kebas dan Kesemutan di kaki dan tangan:

  • Berdiri atau duduk lama dengan posisi yang sama
  • Penyakit saraf, seperti myelitis dan ensefalitis
  • Carpal tunnel syndrome
  • Tumor yang menekan otak atau saraf
  • Efek samping pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan terapi radiasi
  • Keracunan zat kimia tertentu, misalnya zat logam berat
  • Kerusakan organ tubuh, seperti gagal ginjal
  • Vaskulitis, yaitu peradangan pada pembuluh darah
  • Penyalahgunaan alkohol kronis.

Inilah Beberapa Faktor Medis Lainya Penyebab Kebas & Kesemutan:

Kolesterol

Pembengkakan, kesemutan dan kebas (mati rasa) pada anggota badan terutama pada jari, kaki dan tangan adalah salah satu gejala awal dari kolesterol tinggi. Reaksi ini terjadi karena akumulasi lipid mengganggu sirkulasi.

Asam Urat

Banyak orang yang merasakan kesemutan & kebas pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan yang diakibatkan penyakit yang di derita seperti asam urat itu dikarenakan senyawa turunan purina tidak terkontrol dengan baik dan menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh termasuk kebas dan kesemutan.

Reumatik

Rematik atau penyakit yang ditandai dengan nyeri sendi disebut juga rheumatoid arthritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

Dalam hal ini, area persendian adalah area yang diserang oleh sistem imun pengidap rheumatoid arthritis. Akibatnya, peradangan kronik dan rasa nyeri yang hebat pada sendi-sendi yang terserang jadi terasa kebas & kesemutan yang terjadi di kaki, tangan dan bagian lainya.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi saraf secara cepat atau lambat yang dapat menimbulkan keluhan kesemutan & rasa kebas.

Arteriosklerosis

Arteriosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak di dinding arteri. Arteri yang mengeras dapat membuat aliran darah ke organ tubuh menjadi tidak lancar, sehingga mengganggu fungsi organ berakibat kebas & kesemutan pada bagian tangan dan kaki.

Osteoarthritis

Suatu jenis artritis yang terjadi ketika jaringan yang fleksibel pada ujung tulang mengalami keausan. Ausnya jaringan pelindung di ujung tulang (tulang rawan) yang terjadi bertahap dan semakin parah.

Akibatnya gejala timbul seperti kesemutan, kebas, Nyeri sendi di tangan, leher, punggung bawah, lutut, atau pinggul adalah gejala yang paling umum.

Neuropati

Lemah, kesemutan, kebas (mati rasa), dan nyeri akibat kerusakan saraf, biasanya terjadi pada tangan dan kaki. Penyebab umum dari neuropati perifer adalah diabetes, tetapi juga dapat dihasilkan oleh cedera, infeksi, dan paparan racun. Gejalanya meliputi nyeri, sensasi kesemutan, kebas, dan lemas.

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 memegang peranan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh. Oleh karena itu, bila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah sering kesemutan & kebas pada bagian jari, tangan dan kaki atau pada bagian lainya.

Stroke

Stroke adalah Gangguan yang terjadi akibat penyumbatan aliran darah pada saraf pusat yang berada di otak. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala awal yaitu kebas dan kesemutan. Sehingga anda patut mewaspadai kebas yang anda rasakan bisa saja diakibatkan dari gejala awal Stroke

Diabetes

Sekitar 50% persen penderita diabetes mengalami masalah kebas & kesemutan. Karena kebas & kesemutan pada kaki menyebabkan luka yang tak kunjung sembuh. Kondisi ini bisa berakibat terjadinya infeksi yang sering kali berkahir dengan amputasi.

Gejala Kebas & Kesemutan Yang Anda Rasakan Bisa Menjadi Gejala Awal Penyakit Berbahaya!

Gejala kebas dan kesemutan memang sering kali terjadi baik di kaki ataupun di tangan. Kesemutan & kebas terjadi karena tergganggunya sistem saraf sensorik yang menyebabkan salah satu organ tubuh seperti mati rasa.

Namun Jika Kebas dan kesemutan yang anda rasakan terjadi secara terus menerus jangan anggap remeh. Karena bisa saja itu merupakan gejala awal dari beberapa penyakit berbahaya seperti gagal ginjal dan stroke.